Diet

Studi menyebutkan bahwa wanita sangat sensitif dengan usia dan berat badan. Bisa dibuktikan bila seseorang memanggil anda dengan sebutan “non ” padahal anda sudah berumur 30 tahunan dan memiliki anak, bisa ditebak  bahwa anda akan merasa sangat senang bukan? Selain itu permasalahan kedua adalah berat badan. Saat nongkrong sama temen kamu, kamu ladies jangan bohong kalo kamu sering memperhatikan teman cewekmu yang lain. sstt kayaknya berat badannya naik deh,, gak cocok ama bajunya , lengannya gede banget,,, dll..Bener gak?

Masalah kelebihan berat badan atau dalam istilah medis obesitas merupakan hal yang sangat ditakuti saat ini. Kegemukan atau obesitas adalah suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan, yang kemudian menurunkan harapan hidupdan/atau meningkatkan masalah kesehatan ( WHO, 2000 ). Penyebab kegemukan bukan hanya dari pola makan atau aktivitas fisik yang kurang, ada beberapa penyebab kegemukan yang lain diantaranya genetik, penyakit dan pengobatan terhadap penyakit, kelas sosial masyarakat bahkan penelitian menyebutkan virus menyebabkan kegemukan.

Selain pengobatan untuk mengurangi jumlah lemak di tubuh, lebih dianjurkan untuk melakukan peningkatan aktivitas fisik dan pengaturan pola makan melalui diet. oke ladies,, sekarang kita bahas tuntas tentang diet.

Diet itu apa sebenarnya???

Menurut kamus besar bahasa indonesia diet adalah pengaturan makanan khusus yang dilakukan oleh dokter atau konsultan. Dalam bahasa yang sederhana dapat diartikan sebagai pengaturan pola makan dan asupan nutrisi.

Nah dari penjelasan di atas kita bisa pahami bahwa pengaturan asupan nutrisi dan pengaturan pola makan adalah kuncinya. Diet itu sendiri ada dua jenis yaitu diet yang sehat dan diet yang tidak sehat.

Diet sehat adalah diet yang dilakukan secara benar dengan petunjuk dari dokter atau konsultan gizi. dalam diet sehat prinsipnya adalah pengaturan jumlah kalori yang masuk dan kalori yang keluar. bila yang ingin dicapai adalah penurunan berat badan maka kalori masuk harus lebih rendah dibandingkan dengan kalori yang keluar. Sebaliknya diet yang tidak seat itu adalah dieet yang dilakukan secara cepat dan cenderung memaksa tubuh. Dewasa ini lebih sering dilakukan diet yang tidak sehat misalnya dengan tidak makan sama sekali . Diet tidak sehat ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit seperti bulimia ataupun anoreksia. perrnah dengar dua penyakit itu ??

Berikut ini ada beberapa fakta dan mitos mengenai diet:

1. Jangan minus air es!!!

Mitos: Beberapa orang mengatakan minum air es atau air dingin akan membuat kita gemuk karena akan menurunkan metabolisme.

Fakta: Sejauh ini, penullis belum menemukan jurnal penelitian yang menyebutkan minum air es akan menyebabkan peningkatan berat badan . Suhu air es yang dingin akan disesuikan sehigga menjadi setara dengan suhu tubuh normal. Tidak ada hubungannya air dingin atau air es terhadap penurunan metabolisme. Tapi bila air esnya dicampur gula yang manis atau sirup kemungkinan menaikkan berat badan karena gula mengandung karbohidrat sederhana yang mudah diserap tubuh.

2. Tidak makan nasi atau sarapan

Mitos : Tidak sarapan menurunkan berat badan dengan cepat.

Fakta:  Jam makan tidak mempengaruhi matabolisme makanan. Apakah itu sarapan , makan siang atau makan malam.  Menurut dr. Adhitia Kwee dalam klik dokter.com sarapan merupakan hal yang paling penting dibandingkan makan siang ataupun makan malam. Sarapan membantu meningkatkan performa dalam beraktivitas sehari-hari dan meningkatkan konsentrasi. Tidak sarapan membuat metabolisme menurun dan justru meningkatkan rasa lapar dan meningkatkan resiko kegemukan. Bahkan ada metode diet dengan melakukan sarapan porsi besar untuk diet. Memang sarapan atau tidak di masyarakat menjadi pro kontra. Apalagi ada metode baru yaitu diet OCD yang tidak membenarkan untuk sarapan alasannya adalah sarapan tidak begitu penting karena justru membuat lapar, sarapan tidak mengelola gula darah, tidak meingkatkan metabolisme dan tidak mempertahankan masa otot. OCD menyebutkan lebih penting makan malam dibandingkan sarapan.  Oke cukup membingungkan kan?? Tapi disini penulis lebih menyarankan sama kalian gini aja,, bila aktivitas kalian di pagi hari lebih berat maka disarankan sarapan walaupun kalian punya cadangan kalori yang disimpan oleh tubuh.

3. Lemak

Mitos: Semua lemak itu jahat

Fakta : Lemak membantu penyerapan nutrisi, mentransmisi saraf, memproduksi energi. Namun, beberapa lemak juga dikenal sebagai lemak yang buruk bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih, menyebabkan peningkatan berat badan dan penyakit jantung.  Lemak baik adalah lemak tunggal tak jenuh seperti kacang tanah, walnut, almond, kacang pistachios, alpukat, canola dan minyak zaitun menurunkan total kadar kolesterol dan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Demikian pula lemak ganda tak jenuh seperti jagung, kedelai, minyak bunga matahari juga dapat menurunkan total kadar kolesterol dan kolesterol LDL. Sedangkan lemak jenuh seperti daging, susu, telur, makanan laut, minyak kelapa dan minyak sawit yang dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan total kolesterol darah dan kolesterol LDL

contii…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s