Gimana Caranya Mengurangi Perokok di Indonesia?

Merokok merupakan menyebabkan 90% penyakit kanker paru di Indonesia. Dilaporkan bahwa lebih dari 70 % laki-laki menderita kanker paru karena merokok.Dampak merokok paling besar adalah bagi perokok pasif . Dilaporkan bahwa perokok pasif akan menerima dampak negatif yang lebih parah daripada perokok aktif.

Memang sangat sulit untuk memberlakukan undang-undang bebas rokok di Indonesia dengan menutup sumber utama rokok yaitu produsen rokok. Hal ini merupakan dilema. Produsen rokok merupakan sumber pendapatan negara melalui pajak dan sebagai  penyerap tenaga kerja terbesar di Indonesia. Selain itu banyak event-event yang disponsori oleh rokok, termasuk beasiswa di bidang olah raga maupun pendidikan.

Satu-satunya langkah untuk mengatasi dampak buruk rokok adalah dengan mengubah kebiasaan merokok. Ini berati bahwa  semua tergantung kepada individu sebagai konsumen rokok harus secara sadar dapat menghentikan ataupun menguranginya.

Sangat sulit mengubah kebiasaan  dengan melakukan promosi kesehatan kepada masyarakat. Pemerintah telah melakukan tindakan promkes , namun tindakan ini masih dirasakan kurang efektif.

Di kota- kota besar seperti Jakarta, telah diberlakukan tempat khusus perokok untuk meminimalkan dampak negatif rokok terhadaap perokok pasif. Namun, hal ini juga masih kurang memberi pengaruh kepada masyarakat Indonesia.

Bagaimana kalau kita cermati kebijakan negara- negara yang telah maju seperti Singapura?

Di Singapura, rokok merupakan barang yang sangat mahal.. Dalam satu bungkus rokok dengan jumlah 30-40batang rokok harganya dapat mencapai ratusan ribu dan tidak boleh ngecer( beli 2-3 batang aja.. ) ,,selain itu pajak rokok juga sangat besar. Kalau dibandingkan di Indonesia, hal ini sangat berkebalikan. Gimana kalau undang-undang Singapura diberlakukan di Indonesia..Apalagi sebagian besar konsumen rokok Indonesia adalah golongan menengah ke bawah.  ustru akan membantu.. Coba aja pikirkan..Mungkin ada percakapan kayak gini nantinya:

Bang codet: ” bang, minta rokoknya dunk.. satu aja, lagi gak ad duit nie pake beli rokok.. ”

Bang Jupri : ” enak aja beli donk..gue beli rokok ini mahal tau”

Selain itu, dalam bungkus rokoknya pemerintah Singapura memeberlakukan ketetapan bahwa dalam bungkus rokok dipasang gambar penderita rokok dan akibat buruk merokok. Seperti gambar orang dengan kanker paru, gambar gigi kuning dan sebagainya…

“So.. Stop smoking kawand”

One thought on “Gimana Caranya Mengurangi Perokok di Indonesia?

  1. sepertinya merokok sudah mendarah daging di masyarakat,, coba bungkusnya gambarnya akibat merokok spt di AS,, mungkin bisa menekan jumlah perokok.. nice inpoh🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s